Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya merencanakan bangun tiga tempat tinggal susun (rusun) pada 2017 dengan dana dari Biaya Pendapatan Berbelanja Daerah (APBD) Surabaya.

Seperti diambil Pada, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan dalam biaya berbelanja th. depan, beberapa Rp 30 miliar disediakan untuk bangun rusun di beberapa tempat.

Baca Juga : Desain Garasi Mobil dan Desain Dapur Minimalis

” Th. depan ada tiga rusun yang bakal di bangun dengan memakai dana APBD. Bila cuma memercayakan dana dari pusat, lama. Maka dari itu agar cepat kita akan bangun dengan dana kita sendiri, ” tutur Risma, Senin (12/12/2016).

Risma memberikan, sampai sekarang ini ada 3. 670 kepala keluarga (KK) dari keseluruhan 4. 960 KK yang memerlukan rusun.

Sesaat pembangunan rusun oleh pemerintah pusat tiap-tiap th. kurang untuk penuhi keperluan.

Oleh karenanya, lanjut dia, mulai th. depan Pemkot Surabaya berinisiatif untuk mulai menganggarkan pembangunan tiga rusun yaitu di Penjaringan Sari, Kalidami, serta Jambangan.

Di tiga tempat itu ada tempat pemkot yang kosong serta cukup luas untuk di bangun rusun. Seperti tempat di Kalidami atau tepatnya eks tempat tinggal pompa yang telah dibongkar.

” Per tempat, anggarannya Rp 10 miliar, jadi totalnya Rp 30 miliar. Kelak ada satu twin tower di tiap-tiap tempat. Rusun ini kami tujukan untuk warga Surabaya yang memanglah tak miliki tempat tinggal, ” kata Risma.

Baca Juga : Desain Plafon Gypsum

Dengan tempat tinggal yang murah ini warga dapat banyak menabung serta dapat terbantu keuangannya dibanding mesti kontrak di tempat tinggal komersial.

Rusun yang bakal di bangun berkapasitas 96 unit dengan type 36 yakni diisi dua kamar, satu dapur, serta satu kamar mandi.

Terkecuali memercayakan rusun dari ABPD, th. depan akan ada rusun yang di bangun dari APBN.

” Bila th. depan yang dari APBN ada juga, yakni di rusun Kedung Cowek, Tambak Oso Wilanguun, serta di Keputih kelanjutan, ” lebih dia.

Ada juga prasyarat untuk dapat menghuni rusun menurut Ketentuan Daerah (Perda) Nomer 2 Th. 2010 mengenai pengelolaan rusun, yaitu warga Surabaya, tak miliki tempat tinggal, serta pendapatannya rendah.

Media Partner : RumahAsik.com dan HargaMotor7.com

Sumber : Kompas.com

Advertisements